Senin, 16 Maret 2009

Lamongan Targetkan 95 Persen Peserta UN Lulus

Selasa, 19 Februari 2008 | 16:39 WIB

LAMONGAN, SELASA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan menargetkan tingkat kelulusan siswa setingkat SMP dan SMA yang mengikuti ujian nasional tahun ini mencapai 95 persen. Target kelulusan ini lebih rendah dibanding tahun lalu karena ada keputusan Departemen Pendidikan Nasional yang menambahkan mata ujian tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamongan, Musthafa Nur, Selasa (19/2) mengatakan kepastian bertambahnya mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) 2008 baru masuk pada pertengahan tahun pelajaran. "Meski kepastian penambahan mata pelajaran yang diujikan dalam UN 2008 ini baru turun pada pertengahan tahun pelajaran, namun kami tetap optimis dengan menetapkan target kelulusan sebesar 95 persen," kata Musthafa.

Dia menyatakan target tersebut memang turun dibandingkan target kelulusan tahun lalu. Namun lewat berbagai upaya yang dilakukan bersama pihak sekolah diharapkan tingkat kelulusannya melampaui target yang ditetapkan. "Tahun lalu, prosentase kelulusan siswa tingkat menengah atas mencapai 99,79 persen atau hanya 27 siswa (0, 21 persen) yang tidak lulus," jelasnya.

Dia memaparkan Departemen Pendidikan Nasional pada UN tahun ini menambah mata pelajaran yang diujikan dari tiga yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas menjadi enam, sedang untuk tingkat menengah pertama ditambah menjadi empat. Penambahan untuk tingkat menengah atas disesuaikan dengan penjurusannya. Jurusan IPA ditambah Biologi, Fisika dan Kimia, jurusan IPAS (Ekonomi, Geografi dan Sosiologi) dan Bahasa (Sastra Indonesia, Sejarah Budaya/Anthropologi dan bahasa asing yang diajarkan di sekolah).

Ujian Nasional untuk menengah atas diselenggarakan pada April sedang untuk menengah pertama satu bulan kemudian, pada bulan Mei. Menurut Musthafa diantara persiapan yang dilakukan dalam menyongsong UN kali ini dengan mengadakan bimbingan belajar dan try out di masing-masing sekolah. Pada 10-12 Maret akan diadakan try out bersama tingkat menengah atas yang soalnya dikoordinir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamongan, sedangkan untuk tingkat menengah pertama try out diadakan pada 2-5 April nanti.

Target riil kelulusan UN 2008 juga akan ditentukan lewat try out bersama. Melalui hasil try out bersama akan diperoleh data sebenarnya kemampuan siswa yang dapat digunakan sebagai input untuk memperbaiki kelemahan yang terjadi pada mata pelajaran tertentu yang nilainya rendah. "Sampai saat ini, sudah 247 guru dikirim untuk mengikuti work shop yang diadakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur terkait penambahan mata pelajaran dalam UN 2008," tambahnya.

ACI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar